• Kamis, 22 Desember 2016

    Tips Sehat Bagi Penderita Penyakit Asma


    Penyakit asma atau sesak napas adalah salah satu penyakit yang sulit untuk disembuhkan. Gejala penyakit ini dapat terjadi pada siapa saja, baik orang dewasa ataupun anak-anak. Bagi anda penderita penyakit asama harus mengetahui tips sehat yang dapat dilakuakn oleh Anda. Berikut ini adalah tips sehat untuk mengatasi penyakit asma.

    Mengatasi Penyakit Asma

    1. Perhatikan pola makan Anda
    Penderita sebaiknya menghindari makanan yang banyak memproduksi lendir. Seperti permen, susu dan nasi putih. Ini dapat memicu produksi lendir yang berlebihan yang mengakibatkan paru-paru Anda terganggu dan sulit serta sesak untuk bernapas. Kurangnya asupan cairan pada paru-paru juga dapat memicu terjadinya penyumbatan lendir. Untuk itu penting bagi Anda untuk banyak minum air putih bahkan kalau bisa minumlah air putih 10 liter sehari, agar paru-paru Anda dapat bekerja dengan normal

    2. Mengkonsumsi Madu Hitam
    Madu hitam mempunyai manfaat bagi penderita asma atau sesak napas. Konsumsi madu hitam pahit ini sebanyak satu sendok setiap pagi dan malam hari. Dengan ini maka asma akan segera membaik.

    3. Jaga Kestabilan Emosi
    Penyakit asma dapat kambuh ketika anda tidak bisa mengendalikan emosi Anda. Ketika emosi maka sistem pernapasan menjadi berat dan sulit untuk menghirup udara. Sebaiknya hindari kondisi yang membuat emosi anda naik. Untuk memperlancar pernapasan pada penderita asma adalah Anda berkunjung ke tempat yang masih asri dengan santai sejenak disana. Hindari kebiasaan merokok, sebab kandungan rokok dan asap rokok dapat berbahaya bagi paru-paru.

    4. Olahraga Teratur
    Olahraga merupakan kegiatan yang dapat dilakukan untuk meringankan gejala penyakit asma, beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh penderita asma antara lain Yoga. Yoga adalah latihan pernapasan dan dapat mengaktifkan paru-paru. studi telah menemukan bahwa orang yang berlatih yoga selama 2,5 jam seminggu dan dilakukan selama 10 minggi mampu mengurangi ketergantungan pada obat asma. Selanjutnya dengan berjalan, berjalan tiga kali seminggu selama 3 bulan sapat meningkatkan kontrol tubuh dan kebugaran sehingga resiko serangan asma dapat berkurang.

    Itulah beberapa tips sehat bagi penderita penyakit asma yang aman dan efektif serta mudah dilakukan oleh penderita asma. Semoga bermanfaat.

    Baca Juga: 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel